Bisnis 


Perkembangan bisnis kecil disbanding bisnis besar di negara kita pada masa yang akan datang sebenarnya bukan hal yang mengkhawatirkan. Pada masa sekarang, masyarakat lebih akan memilih produk-produk dari bisnis yang sudah dikenal banyak orang. Seperti dicontohkan produk yang pengiklanannya bagus, atau produk-produk dari bisnis yang di bangun oleh para artis. Menurut sebagian masyarakat, produk-produk yang dihasilkan oleh para artis atau bisnis-bisnis yang melakukan system endorse, yaitu produk-produk dari bisnisnya di promosikan oleh artis, maka produk itu akan lebih terjamin keunggulannya (jika barang) dan lebih terjamin cita rasanya (jika makanan).

Padahal banyak sekali bisnis-bisnis kecil yang keunggulan produksinya juga bagus. Menurut saya di masa yang akan datang, jika bisnis-bisnis kecil tersebut tidak segera mengembangkan usahanya, maka kemungkinan besar ide mereka akan diambil oleh bisnis-bisnis besar untuk menambahkan inovasi baru ke dalam bisnis mereka, selanjutya yang akan terjadi, bisnis kecil tadi akan semakin terpuruk dan harus gulung tikar pada akhirnya. Lalu yang tersisa hanya bisnis-bisnis besar saling besaing merebut konsumen. Maka sebaiknya bisnis-bisnis kecil bisa bekerja sama dengan bisnis-bisnis besar. Atau tetap berdiri sendiri dan semakin mengikuti perkembangan


Kejujuran adalah sikap yang sangat penting untuk diterapkan agar masyarakat dan orang lain bisa percaya dan yakin dengan usaha kita. Usaha yang dilandasi sikap kejujuran akan membawa dampak yang baik bagi usaha itu sendiri. Jujur bukan hanya membawa dampak baik bagi usaha namun mencipatakan seseorang untuk mengatakan jujur dengan kondisi yang sebenarnya. Contohnya pada saat produk usaha kita sedang mengalami gagal produk , kita harus jujur kepada konsumen  kondisi barang kita sebenarnya. Dengan begitu konsumen akan menilai kita jujur dalam berwirausaha.. Karena jika kita tidak jujur akan membawa dampak buruk bagi usaha kita. Apabila kita tidak jujur pelanggan akan meninggalkan produk kita sehingga profit kita akan menurun. Orang yang usahanya ingin maju adalah orang yang selalu optimis dan selalu menerapkan nilai - nilai kejujuran di usahanya.Karena Salah satu kunci keberhasilan seorang wirausaha di dalam usahanya adalah sifat kejujuran dan kepercayaan dari masyarakat konsumen terhadap dirinya.


Untuk mendeskripsikan bagaimana tugas, kewenangan, dan hubungan kerja dan kontrol terhadap orang di dalamnya dalam bertindak dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan yang dinyatakan, biasanya organisasi digambarkan dalam sebuah chart yang disebut dengan Struktur Organisasi (Santoso, dkk., 2013: 23). Struktur organisasi merupakan sebuah konsep abstrak yang menunjukkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa yang melakukan tugas tugas yang telah ditentukan dan mekanisme koordinasi formal serta pola interaksi dalam organisasi.

Pentingnya struktur organisasi yang berjalan dengan efektif dan efisien telah diterima luas di semua kalangan. Menurut Gibson dkk. (1997), sejarawan bisnis menyebut bahwa tahun 1980-an sebagai era reorganisasi. Untuk bisa menjadi bersaing secara efektif dalam pasar, perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat banyak melakukan reorganisasi.Ini menunjukkan bahwa struktur organisasi yang berjalan secara efektif dan efisien, ternyata sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah organisasi. Karena, menurut Santoso dkk (2013: 24-25), sebuah organisasi dikatakan efektif biasanya diukur dari 3 indikator, yaitu kontrol, inovasi dan efisien dalam mencapai sasaran yang ditargetkan.


OTORITAS
1.     Didapat oleh sesorang didalam suatu organisasi dalam jabatannya.
2. Kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh seseorang untuk memerintah seseorang.
3.     Dasar untuk bertindak, berbuat, dan melakukan kegiatan dalam suatu bisnis

TANGGUNG JAWAB
1.   Bentuk obligasi dari seseorang yang memiliki kewenangan dalam jabatannya.
2.     Keharusan untuk melakukan tugas - tugas yang sudah dibebankan.
3.     Sesuatu yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan suatu hak.





DAFTAR PUSTAKA






Popular Posts