Bisnis
Perkembangan bisnis kecil disbanding bisnis besar
di negara kita pada masa yang akan datang sebenarnya bukan hal yang
mengkhawatirkan. Pada masa sekarang, masyarakat lebih akan memilih
produk-produk dari bisnis yang sudah dikenal banyak orang. Seperti dicontohkan
produk yang pengiklanannya bagus, atau produk-produk dari bisnis yang di bangun
oleh para artis. Menurut sebagian masyarakat, produk-produk yang dihasilkan
oleh para artis atau bisnis-bisnis yang melakukan system endorse, yaitu produk-produk dari bisnisnya di promosikan oleh
artis, maka produk itu akan lebih terjamin keunggulannya (jika barang) dan
lebih terjamin cita rasanya (jika makanan).
Padahal banyak sekali bisnis-bisnis kecil yang
keunggulan produksinya juga bagus. Menurut saya di masa yang akan datang, jika
bisnis-bisnis kecil tersebut tidak segera mengembangkan usahanya, maka
kemungkinan besar ide mereka akan diambil oleh bisnis-bisnis besar untuk
menambahkan inovasi baru ke dalam bisnis mereka, selanjutya yang akan terjadi,
bisnis kecil tadi akan semakin terpuruk dan harus gulung tikar pada akhirnya.
Lalu yang tersisa hanya bisnis-bisnis besar saling besaing merebut konsumen.
Maka sebaiknya bisnis-bisnis kecil bisa bekerja sama dengan bisnis-bisnis
besar. Atau tetap berdiri sendiri dan semakin mengikuti perkembangan
Kejujuran adalah sikap yang sangat penting untuk diterapkan
agar masyarakat dan orang lain bisa percaya dan yakin dengan usaha kita. Usaha
yang dilandasi sikap kejujuran akan membawa dampak yang baik bagi usaha itu
sendiri. Jujur bukan hanya membawa dampak baik bagi usaha namun mencipatakan
seseorang untuk mengatakan jujur dengan kondisi yang sebenarnya. Contohnya pada
saat produk usaha kita sedang mengalami gagal produk , kita harus jujur kepada
konsumen kondisi barang kita sebenarnya.
Dengan begitu konsumen akan menilai kita jujur dalam berwirausaha.. Karena jika
kita tidak jujur akan membawa dampak buruk bagi usaha kita. Apabila kita tidak
jujur pelanggan akan meninggalkan produk kita sehingga profit kita akan
menurun. Orang yang usahanya ingin maju adalah orang yang selalu optimis dan
selalu menerapkan nilai - nilai kejujuran di usahanya.Karena Salah satu kunci
keberhasilan seorang wirausaha di dalam usahanya adalah sifat kejujuran dan
kepercayaan dari masyarakat konsumen terhadap dirinya.
Untuk mendeskripsikan bagaimana tugas, kewenangan, dan hubungan kerja dan kontrol terhadap orang di dalamnya dalam bertindak dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan yang dinyatakan, biasanya organisasi digambarkan dalam sebuah chart yang disebut dengan Struktur Organisasi (Santoso, dkk., 2013: 23). Struktur organisasi merupakan sebuah konsep abstrak yang menunjukkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa yang melakukan tugas tugas yang telah ditentukan dan mekanisme koordinasi formal serta pola interaksi dalam organisasi.
Pentingnya struktur organisasi yang berjalan dengan efektif dan efisien telah diterima luas di semua kalangan. Menurut Gibson dkk. (1997), sejarawan bisnis menyebut bahwa tahun 1980-an sebagai era reorganisasi. Untuk bisa menjadi bersaing secara efektif dalam pasar, perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat banyak melakukan reorganisasi.Ini menunjukkan bahwa struktur organisasi yang berjalan secara efektif dan efisien, ternyata sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah organisasi. Karena, menurut Santoso dkk (2013: 24-25), sebuah organisasi dikatakan efektif biasanya diukur dari 3 indikator, yaitu kontrol, inovasi dan efisien dalam mencapai sasaran yang ditargetkan.
OTORITAS
1. Didapat oleh sesorang didalam suatu
organisasi dalam jabatannya.
2. Kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh
seseorang untuk memerintah seseorang.
3. Dasar untuk bertindak, berbuat, dan
melakukan kegiatan dalam suatu bisnis
TANGGUNG JAWAB
1. Bentuk obligasi dari seseorang yang
memiliki kewenangan dalam jabatannya.
2. Keharusan untuk melakukan tugas -
tugas yang sudah dibebankan.
3. Sesuatu yang harus dilakukan agar
bisa mendapatkan suatu hak.
DAFTAR
PUSTAKA